Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengeluh sakit pinggang sebelah kanan belakang. Agar gangguan tersebut bisa diatasi, penting untuk Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit pinggang sebelah kanan belakang tersebut.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang

Mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan rasa sakit di bagian tubuh tertentu akan akan memudahkan kita untuk mengatasinya. Ingat, seringan apa pun penyakit yang dirasakan tubuh, jika dibiarkan justru akan membuat penyakit tersebut semakin parah.

Sakit pinggang tidak boleh disepelekan. Sebab hal tersebut bisa berujung fatal hingga menyebabkan kelumpuhan.

Berikut Simak Penjelasan Mengenai Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang Yang Perlu Anda Ketahui!!!

Pinggang merupakan bagian yang sangat penting karena berfungsi sebagai penumpu atau penyokong berat tubuh bagian atas. Nyeri pada bagian ini bisa disebabkan oleh cedera akibat aktivitas yang berlebihan atau pun pertambahan usia.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang

Umumnya, penyebab sakit pinggang sebelah kanan banyak disebabkan oleh kebiasaan tubuh menggendong beban berat di bagian kanan. Nyatanya masih banyak penyebab pinggang kanan Anda menjadi nyeri atau sakit.

Sakit pinggang sebelah kanan pada dasarnya dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab, diantaranya:

  • Faktor Penuaan

Rasa sakit di pinggang kanan berpotensi terjadi karena seiring bertambahnya usia Anda. Penuaan adalah proses yang terjadi pada setiap manusia secara alami dan pada umumnya orang-orang yang dewasa dan memasuki lansia akan mengalami sakit pinggang belakang bagian tengah. Risiko ini lebih rentan terjadi pada yang berusia antara 30-50 tahun di mana juga disertai dengan kondisi penipisan tulang dan penurunan massa otot.

  • Kegemukan (Obesitas)

Sering sakit pinggang sebelah kanan dapat menjadi akibat dari berat badan Anda yang berlebihan. Obesitas adalah salah satu alasan umum mengapa seseorang mengalami sakit pinggang tengah. Ketika berat badan terus bertambah, ini sama saja dengan kenaikan risiko mengalami sakit pinggang hingga bahkan sakit lutut.

  • Gejala / Gangguan sakit ginjal (Infeksi ginjal,batu ginjal)

Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri pada pinggang yang muncul hilang timbul, selain itu batu pada saluran ginjal (ureter) juga dapat menimbulkan nyeri hebat atau kolik yang dapat muncul tiba-tiba.

  • Trauma otot / Otot tegang

Otot menjadi kram dan kaku menyebabkan kesulitan dalam duduk, membungkuk atau berdiri

  • Cidera Otot/tulang

Selalu ada kemungkinan sakit pinggang yang dirasakan di sebelah kanan disebabkan oleh adanya cedera. Sendi tulang belakang, apalagi di area piringannya sangat mudah terkena cedera dan hal ini paling kerap dialami oleh orang-orang yang usianya sudah semakin tua. Ketika cedera terjadi pada piringan sendi. Saraf pun akan tertekan di sekitarnya sehingga rasa sakit otomatis bakal muncul.

  • Masalah pada otot

Layaknya otot di bagian lain, otot pada punggung juga bisa mengalami gangguan otot. Otot pada punggung bisa mengalami cedera dan kekakuan otot. Gejala yang bisa muncul adalah kram otot atau kedutan otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan.

Pinggang pun akan susah diajak kompromi saat hendak berjalan, berdiri, dan membungkuk hingga membuat aktivitas kita terbatas. Olahraga terlalu keras bisa juga menjadi penyebabnya.

  • Empedu bermasalah

Ketika terjadi peradangan pada kantong empedu seseorang begitu juga dengan munculnya kondisi kram, maka otomatis rasa sakit pun akan muncul dan bahkan bisa sampai menjalar hingga ke pinggang. Sakit yang dirasakan di bagian sebelah kanan dapat berkemungkinan besar disebabkan oleh empedu yang meradang tersebut.

Tak hanya rasa sakit di bagian pinggang kanan, namun juga ada beberapa keluhan lain yang kerap diutarakan oleh penderitanya, seperti misalnya rasa mual hingga muntah-muntah ketika sedang makan. Gangguan empedu yang dimaksud mampu menyebabkan gejala tersebut adalah jenis gangguan batu empedu serta kolik empedu di mana keduanya adalah gangguan paling umum.

  • Penyempitan tulang belakang

Salah satu pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan yang paling sering adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab paling umumnya yaitu radang sendi yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Masalah pada bantalan saraf tulang belakang, atau saraf terjepit juga bisa menyebabkan nyeri pada pinggang sebelah kanan.

  • Postur tubuh yang tidak benar ketika mengangkat beban dapat terjadi bila Anda memiliki gangguan tulang belakang seperti kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal (skoliosis).
  • Gangguan saluran pencernaan (penyakit usus buntu, radang usus)
  • Masalah organ reproduksi (kista ovarium, radang panggul)
  • Posisi atau postur tubuh yang salah saat beraktivitas maupun saat duduk, berdiri atau berbaring.

Meski sakit pinggang sebelah kanan belakang merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita, tapi tak sedikit orang yang membiarkan nyerinya menetap bertahun-tahun karena nyerinya hilang timbul.
Meski masih ada kemungkinan sembuh, sakit pinggang sebelah kanan yang berlanjut seringkali sulit diobati, bahkan setelah diterapi dengan berbagai obat atau pun pembedahan. Jadi, jangan remehkan sakit pinggang.

Untuk menentukan penyebab pasti penyakit Anda, tentu harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Jika yang Anda alami adalah nyeri pinggang bagian bawah, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf.

 

Baca juga : khasiat dan manfaat obat herbal

 

Sekian informasi mengenai Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang.

jangan lupa share informasi ini ke saudara, kerabat atau teman-teman Anda yang juga sangat membutuhkan informasi penting ini.

 

Post By : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Belakang

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *